Posted by : Nono Suwelo on 05-10-2012
Sejarah Jurusan Kebidanan

Prodi DIII Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jakarta I berkembang dari Sekolah Djuru Kesehatan yang didirikan di Rumah Sakit Fatmawati Jakarta berdasarkan Surat Keputusan tertanggal 5 September  1963 Nomor : 93 / Pend / 1963, dengan raw input lulusan Sekolah Rakyat dan masa studi 2 tahun. Adanya tuntutan peningkatan mutu layanan kesehatan berkembang pula pendidikan tenaga kesehatan, sehingga Sekolah Djuru Kesehatan ditutup dan dibuka Sekolah Pengatur Kesehatan C ( SPK C ) dengan raw input dari lulusan Sekolah Menengah Pertama, dan masa studi 2 tahun. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan tertanggal 19 Nopember 1964 Nomor : 148/Pend/1964.
 
Selanjutnya lembaga dikembangkan menjadi Sekolah Pengatur Rawat A ( SPR A ) dengan raw input dari lulusan Sekolah Menengah Pertama dan masa studi 3 tahun, yang didasarkan dari Surat Keputusan Nomor : 71/ Pend/1965
 
Adanya perubahan organisasi di lingkungan Departemen Kesehatan SPR A yang semula hanya di bawah pembinaan dari Kantor Wilayah Departemen Kesehatan RI Provinsi DKI Jakarta menjadi juga secara administratif di bawah pembinaan Badan PPSDM Kesehatan, dikonfersi menjadi Sekolah Perawat Kesehatan.  SPR A di RS Fatmawati dikonfersi menjadi Sekolah Perawat Kesehatan ( SPK ) dan tidak lagi menjadi bagian dari Rumah Sakit Fatmawati, tetapi menjadi institusi Pendidikan yang mandiri tetapi masih menggunakan fasilitas dan gedung di atas tanah milik Yayasan Fatmawati.
 
Pembukaan Sekolah Perawat Kesehatan Depkes Fatmawati berdasarkan Surat Nomor : 537/ UM/ Diklat/ Kes/ 1977; tertanggal 4 Juni 1977. Sementara pelimpahan penggunaan Fasilitas Gedung berdasarkan surat nomor : 123/ tahun/1977, Tertanggal 8 Maret 1977.  Sesuai dengan Kalender Akademik maka mulai pembelajaran tanggal 12 September 1977.  Peningkatan mutu pembelajaran yang maksimal serta pembinaan yang optimal dari Badan PPSDM Kesehatan SPK Depkes Fatmawati pada tahun 1998 mendapat Akreditasi  A  berdasarkan Keputusan Kepala Pusat Diknakes Dep Kes Nomor : HK.00.06.4.3.1938 tanggal 22 April 1998. 
 
Pada tahun 1992 s/d 1995  dalam ranggka memenuhi kebutuhan tenaga Bidan maka di SPK Depkes Fatmawati diselenggarakan Program Pendidikan Bidan A (PPB A) dengan raw input SPK dan masa studi 1 tahun pelaksanaan program ini angkatan I bekerjasama dengan Kanwil Depkes Kalimantan Barat, angkatan II bekerjasama dengan Kanwil Depkes Sulawesi Tengah dan untuk angkatan ke III bekerjasama dengan Kanwil Depkes provinsi DKI Jakarta dan BKKBN 
 
Adanya perubahan pola pendidikan tenaga kesehatan yang minimal adalah tingkat diploma III dan berdasarkan hasil rapat dewan guru ditetapkan untuk SPK Dep Kes Fatmawati akan mengajukan perubahan menjadi Akademi Kebidanan. Selanjutnya diajukan  Permohonan penyelenggaraan D III Kebidanan. Pada  tanggal 8 Mei 1998 terbit Surat Keputusan Kanwil Depkes DKI Jakarta Nomor : DL.02.02.324686  tentang pendirian Akademi Kebidanan Depkes Fatmawati. 
 
Dengan berdirinya institusi ini Sekolah Perawat Kesehatan ditutup.  Raw input adalah SMU dan Madrasah Aliah dengan peminatan IPA dan masa studi minimal 3 (tiga) tahun; dalam upaya melaksanakan kontinuitas pendidikan dibuka program khusus dengan latar belakang SPK (Sekolah Perawat Kesehatan).  
 
Pada tahun 2001 terjadi perubahan organisasi institusi, sesuai dengan Surat Keputusan MenKes-Kesos nomor : 298/MenKes/ SK / IV/2001 tertanggal 16 April Akademi Kebidanan Depkes Fatmawati bergabung dengan Akademi Keperawatan Wijaya Kusuma dan Akademi Kesehatan Gigi di Jalan Lebak Bulus menjadi Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I.
 
Dengan demikian Akademi Kebidanan Depkes Fatmawati menjadi Jurusan Kebidanan yang dipimpin oleh Ketua Jurusan. Sejak tahun 2008 dengan berkurangnya alumnus Sekolah Perawat Kesehatan yang berminat menjadi Bidan raw input Jurusan Kebidanan hanya dari SMU dengan peminatan Ilmu Pengetahuan Alam. Selain pelaksanaan pembelajaran yang bersifat reguler tahun 2001 ada kerjasama dengan RSU Fatmawati dan Kanwil Depkes Prov DKI Jakarta untuk menyelenggarakan program khusus D III Kebidanan bagi Bidan C dan Bidan B  dengan masa studi 5 semester.