Jurnal Kesehatan

Posted by Admin on 05-02-2013, Author : Emy Rianti, Gusti Ayu Tirtawati, Henny Novita

Abstrak

 

Kanker payudara merupakan penyakit kronis, dimana untuk penyembuhan secara total masih sangat diragukan, dan selain itu juga memerlukan jangka waktu pengobatan yang lama dan biaya yang tinggi. Faktor etiologi kanker payudara yang pasti sampai saat ini belum diketahui, namun dapat dicatat pula bahwa penyebab penyakit ini bersifat multifaktorial yang saling mempengaruhi satu sama lain, yaitu : faktor genetika, lingkungan, pola makan, virus dan radiasi di daerah dada. Sekitar 75% wanita yang menderita kanker payudara tidak mengetahui adanya berbagai macam faktor risiko tersebut.

Tujuan Penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan risiko kanker payudara wanita pada pasien rawat jalan di Rumah Sakit (RS) Kanker Dharmais Jakarta.

Metode. Disain penelitian adalah studi Kasus Kontrol (Case Control Study). Sampel kasus adalah: Penderita kanker payudara wanita, bertempat tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang atau Bekasi yang sedang berobat kontrol, atau perawatan luka di Poliklinik Onkologi Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta, selama masa penelitian. Sampel kontrol adalah: Pengunjung wanita yang melakukan Medical Check up di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta tahun 2010 dan hasil pemeriksaan payudara secara klinis oleh tenaga medis dan hasil foto Rontgen menunjukkan payudara yang normal. Pemilihan kontrol dilakukan dengan cara simple random sampling, dari status pasien atau medical record. Jumlah sampel penelitian adalah sebesar 196, yang terdiri dari 98 kasus dan 98 kontrol.

Hasil. Ada hubungan antara umur dengan kejadian kanker payudara. Ada hubungan tinggi badan dengan kejadian kanker payudara. Ada hubungan riwayat tumor jinak dengan kejadian kanker payudara. Ada hubungan riwayat keluarga  dengan kejadian kanker payudara. Ada hubungan umur menstruasi pertama  dengan kejadian kanker payudara. Ada hubungan umur hamil pertama  dengan kejadian kanker payudara. Tidak ada hubungan antara riwayat menyusui dengan kejadian kanker payudara. Umur menstruasi pertama  adalah faktor yang paling dominan berhubungan dengan dengan kejadian kanker payudara.