Posted by Administrator on 20-11-2012
Hari Kesehatan Nasional 2012

HKN Ke-48 Fokus Atasi Penyakit Tidak Menular

Oleh: Ferry - suaraindonesia.co | Dilihat 7 kali | 18 Nov 2012, 13:10:00

Jakarta - Meski Kementerian Kesehatan mengklaim telah berhasil menurunkan masalah penyakit menular dan gizi di tanah air, namun diakui bahwa penyakit tidak menular (seperti penyakit jantung koroner, stroke, diabetes mellitus, kanker, gagal ginjal) dan penyakit menular tertentu (seperti HIV/AIDS) justru menunjukkan peningkatan. Faktor risiko utama terjadinya penyakit menular maupun penyakit tidak menular adalah gaya hidup dan perilaku yang tidak sehat.

"Indonesia Cinta Sehat merupakan cermin sikap dan perilaku segenap bangsa Indonesia  yang mencintai kesehatan dirinya, keluarganya, dan lingkungannya. Hal itu adalah kunci keberhasilan bagi terwujudnya masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan," kata Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, saat meluncurkan "Indonesia Cinta Sehat" pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-48 tahun 2012, di Jakarta (18/11). HKN diperingati setiap tanggal 12 November. Tahun ini Peringatan HKN ke-48 mengangkat tema "Indonesia Cinta Sehat" dengan sub tema "Ibu Selamat, Anak Sehat".

Menurut Menkes, gaya hidup yang sehat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas hidup, perlu dikembangkan menjadi bagian dari perilaku sehari-hari. Gaya hidup sehat, tersebut diantaranya berolahraga teratur, makan dengan menu seimbang, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol atau Napza, mengatasi stres, menghindari perilaku seks berisiko, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Dalam sambutannya, Menkes mengimbau agar seluruh jajaran kesehatan senantiasa selalu mempromosikan pola hidup sehat dimanapun berada, serta dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam menerapkan pola hidup sehat. Menkes juga menegaskan bahwa dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat, promosi kesehatan, pencegahan spesifik dan diagnosis dini perlu diutamakan. Apabila penyakit sudah terjadi, pengobatan segera dan pencegahan kecacatan juga harus ditegakkan.

"Mari kita jadikan peringatan HKN ke-48 sebagai momentum untuk menggiatkan upaya promotif-preventif agar seluruh lapisan masyarakat memperoleh informasi kesehatan yang benar tentang pola hidup bersih sehat (PHBS) agar masyarakat mampu menjaga dirinya agar sehat dan tetap sehat seumur hidup," katanya.

 



( posted by. Poltekkes Jakarta 1 )