Posted by : Administrator on 21-11-2012
Penyerahan Akreditasi ISPO

Sejalan dengan visi Poltekkes Kemenkes Jakarta I untuk menjadi politeknik kesehatan terkemuka dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional maka dikembangkanlah Jurusan Ortotik Prostetik  (OP) yang berstandar internasional.

Meskipun Jurusan OP merupakan jurusan baru (didirikan tahun 2009), namun telah menerapkan kurikulum berstandar internasional dan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran. Selain didukung oleh dosen tetap Poltekkes Kemenkes Jakarta I, jurusan OP juga didukung oleh keberadaan dosen mancanegara yakni dari Denmark, Swedia, Scotlandia, Amerika, Inggris, dan Jepang.

Pengembangan Jurusan OP merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Kesehatan, Cambodia Trust (International Non Governmental Organization) dan Nippon Foundation sebagai penyandang dana. Sejak tahun 2012 ini, Jurusan OP telah terakreditasi oleh International Society for Prosthetics and Orthotics  (ISPO).

Sertifikat akreditasi secara simbolis diserahkan pada saat wisuda, angkat sumpah dan pelantikan lulusan Poltekkes Kemenkes Jakarta I tanggal 6 September 2012 di Gedung Sasono Langen Budoyo. Serah terima dilakukan Mr. Suichi Ohno sebagai Executive Director of International Departement of  Nippon Foundation kepada Ketua Jurusan Ortotik Prostetik. Penyerahan sertifikat ini juga dihadiri oleh Mr. Carson Harte sebagai Executive Director dari Cambodia Trust.

Dengan diperolehnya akreditasi ini maka diharapkan mutu lulusan jurusan OP semakin kompeten dan mampu bersaing di dunia kerja baik di tingkat nasional maupun internasional. Dan menjadi lulusan yang dicari-cari oleh pasar tenaga kerja. Semoga.

(posted by. Poltekkes Jakarta 1 )