PENGARUH PREOPERATIVE TEACHING TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN PRE OPERASI DI RUANG CEMPAKA RSUD PASAR REBO JAKARTA TIMUR TAHUN 2014

PENGARUH PREOPERATIVE TEACHING TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN PRE OPERASI DI RUANG CEMPAKA RSUD PASAR REBO JAKARTA TIMUR TAHUN 2014

Pembedahan akan membangkitkan reaksi secara psikologis yaitu kecemasan. Sekitar 80% dari pasien yang akan menjalani pembedahan melaporkan mengalami kecemasan. Kecemasan ini akan menimbulkan peningkatan kontraksi jantung, dilatasi pupil, penurunan motilitas gastro intestine tract. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas preoperative teaching terhadap penurunan tingkat kecemasan pasien preoperasi di ruang Cempaka RS Pasar Rebo, sebelum diberikan preoperative teaching pada pasien preoperative yang mengalami kecemasan di ruang cempaka RSUD Pasar Rebo. Penelitian ini direncanakan pada bulan November sampai dengan Desember  2014 menggunakan quasi experiment one group pre test-post test design dan teknik purposive sampling. Jumlah sampel adalah pasien yang akan dilakukan tindakan pembedahan yang telah menyetujui tindakan pembedahan sebanyak 43 orang di Ruang Cempaka RSUD Pasar Rebo. Berdasarkan Analisa hasil penelitian dengan menggunakan uji Beda Mean Paired-Sample t- Test , menunjukan terdapat  penurunan tingkat kecmasan dengan nilai t hitung lebih besar dari t- tabel yaitu Sig (0, 000) < 0,05 berarti Preoperative Teaching efektif terhadap kecemasan pasien pre operasi di ruang Cempaka RSUD Pasar Rebo dan pada uji Chi.Square untuk melihat hubungan variabel, jenis kelamin perempuan sangat berpengaruh terhadap kecemasan preoperasi di ruang Cempaka RSUD Pasar Rebo, dengan hasil p-value 0,049 dan nilai OR 8,824 ( <0,05 ). Hasil penelitian ini akan merekomendasikan penelitian lebih lanjut.

Kata kunci: preoperative teaching, kecemasan, pasien preoperasi

Bagikan halaman ini: