AKREDITASI RS DAN KINERJA PERAWAT MANAJER PELAYANAN KEPERAWATAN DI RS FATMAWATI JAKARTA TAHUN 2002

AKREDITASI RS DAN KINERJA PERAWAT MANAJER PELAYANAN KEPERAWATAN DI RS FATMAWATI JAKARTA TAHUN 2002

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional yang bersifat cross sectional, yang bertujuan mendapatkan gambaran hubungan antara pemahaman tentang akreditasi rumah sakit dengan kinerja perawat manajer tahun 2002. Populasi penelitian adalah semua perawat manajer fungsional (lower or first level managers) yang berjumalh 193 orang (meliputi 22 kepala ruangan, 20 wakil kepala ruangan, 13 kepala rawat jaga, dan 141 ketua tim keperawatan), dengan sampel penelitian total populasi. Data yang diperoleh merupakan data rpimer, dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner, yang validitas dan relabilitasnya telah diuji sebelumnya di RS Persahabatan Jakarta.

Hasil analisis univariat menunjukkan 49,7% perawat manajer di RS Fatmawati menilai kinerja mereka dengan kategori kurang, dan 50,8% mempunyai pemahaman tentang akreditasi dengan kategori kurang. Hasil analisis bivariat dengan uji Kai Kuadrat, didapatkan bahwa dari enam sub variabel pemahaman tentang akreditasi, dengan alpha 0,05 hanya satu variabel pemahaman yang berhubungan, yaitu pemahaman tentang falsafah dan tujuan pelayanan keperawatan (p=0,011). Hasil analisis multivariat dengan uji registri logistik ganda diketahui bahwa 69,95% variasi kinerja perawat manajer di RS Fatmawati secara siginfikan dapat dijelaskan oleh variabel pemahaman tentang falsafah dan tujuan; jabatan, dan unit kerja dengan ilai G = 48,596 dan nilai p=0,0001. Dan variabel yang paling dominan berkontribusi dengan kinerja perawat manajer adalah; unit kerja, setelah dikoreksi variabel pemahaman tentang falsafah dan tujuan serta jabatan.

Rekomendasi untuk Direktur Pelayanan Medis & Keperawatan dan Kepala Bidang Keperawatan adalah agar melakukan pelatihan atau lokakarya workshop untuk meningkatkan kinerja perawat manajer dan meningkatkan pemahaman, keterampilan dan sikap perawat manajer tentang-peran fungsi manajer keperawatan, standar pelayanan keperawatan, akreditasi rumah sakit.

 

sumber gambar : https://www.stieken.ac.id/wp-content/uploads/2014/08/accreditation1-300×207.jpg

Klik untuk mengunduh

Bagikan halaman ini: