PENGGUNAAN CONCEPT MAP DALAM MATA AJAR KEPERAWATAN GAWAT DARURAT

PENGGUNAAN CONCEPT MAP DALAM MATA AJAR KEPERAWATAN GAWAT DARURAT

Concept map merupakan cara atau alat yang menggambarkan pengetahuan serta strategi metakognitif untuk meningkatkan pembelajaran (Novak, 1992). Peta tersebut terdiri dari konsep – konsep dalam bentuk proposisi – proposisi. Penelitian ini memberikan gambaran mengenai persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran menggunakan concept map pada mata ajar keperawatan gawat darurat (KGD). Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional analitik dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini akan dilakukan di Poltekkes Kemenkes Jakarta I jurusan Keperawatan. Sampel penelitian adalah semua mahasiswa tingkat 3 jurusan keperawatan poltekkes kemenkes Jakarta I dengan sampel 40 responden. Hasil penelitian menunjukkan persepsi positif terhadap penggunaan concept map pada pembelajaran KGD.

 

Kata kunci : concept map, keperawatan gawat darurat

 

 

 

Klik untuk mengunduh

Bagikan halaman ini: