HUBUNGAN DAYA TANGGAP DAN EMPATI LAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA POLITEKNIK KESEHATAN
Latar belakang: Evaluasi kepuasan mahasiswa penting dilakukan agar proses penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan: untuk mengetahui hubungan karakteristik, daya tanggap dan empati layanan terhadap kepuasan mahasiswa di Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Jakarta I. Metode: Jenis penelitian analitik dengan rancangan cross sectional, dilakukan pada bulan Juni-Oktober 2018. Penelitian dilakukan pada seluruh mahasiswa semester 4 dan 6. Penelitian dilakukan pada seluruh populasi. Pengumpulan data dengan kuesioner. Pengolahan dan analisis data dengan uji univariate, bivariate dan multivariat. Hasil: Sebagian besar mahasiswa merasa puas terhadap layanan klinik dengan persentase 60,5%. Karakteristik mahasiswa tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan mahasiswa dengan nilai p >
0,05. Dimensi layanan yaitu daya tanggapdan empati memiliki hubungan yang signifikan dengan
kepuasan mahasiswa dengan nilai p 0,000. Variabel yang memiliki hubungan terbesar dengan kepuasan mahasiswa adalah empati dengan nilai OR sebesar 21,719. Kesimpulan: Sebagian besar mahasiswa merasa puas terhadap layanan klinik. Karakteristik mahasiswa tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan mahasiswa. Variabel daya tanggap dan empati memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan mahasiswa. Hubungan terbesar dimiliki oleh variabel empati. Kata kunci: Daya Tanggap, Empati, Kepuasan