COVID-19

Kunjungan JICA ke Poltekkes Kemenkes Jakarta I Persiapan Penguatan Kompetensi Caregiver

Kunjungan JICA ke Poltekkes Kemenkes Jakarta I Persiapan Penguatan Kompetensi Caregiver

Jakarta, 3 Oktober 2024 – Poltekkes Kemenkes Jakarta I menerima kunjungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam rangka persiapan “Project for Enhancement of Caregiver Competency” di Ruang Rapat Lantai 2 Direktorat Poltekkes Kemenkes Jakarta I. Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi tenaga perawat lansia (caregiver) yang semakin dibutuhkan baik di dalam negeri maupun di luar negeri, seperti Jepang dan Jerman. Acara ini turut dihadiri oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Jakarta I, Ibu Dr. Pramita Iriana, S.Kp., M.Biomed yang menyampaikan sambutan pada pembukaan kegiatan.

Dalam sambutannya, Ibu Dr. Pramita Iriana menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan JICA dalam meningkatkan kompetensi lulusan Poltekkes. Beliau juga menekankan pentingnya kolaborasi internasional dalam menghadapi tantangan global, terutama di bidang perawatan lansia. “Kerjasama ini adalah langkah penting bagi Poltekkes Kemenkes Jakarta I dalam mewujudkan tenaga kesehatan yang berdaya saing internasional. Program ini tidak hanya meningkatkan kompetensi teknis (keterampilan dan pengetahuan praktis yang dibutuhkan oleh caregiver (tenaga perawat lansia)), tetapi juga memperkuat soft skills yang dibutuhkan untuk bersaing di pasar global,” ungkap beliau.

Delegasi JICA yang hadir antara lain Okamura Kenji (Senior Representative), Kawamoto Hanako (Project Formulation Advisor), dan Dr. Anung Sugihantono (JICA Health Adviser). Mereka didampingi oleh perwakilan dari Direktorat Penyediaan, yaitu Sonya Shobrina dan Bayu Sukoco, serta perwakilan dari Dinas Kesehatan Jakarta, Hendi Prasetyo.

Dalam kunjungan ini, kedua belah pihak mengadakan diskusi mendalam mengenai pengembangan program pelatihan untuk caregiver. Salah satu poin penting dari diskusi adalah rencana pelaksanaan pelatihan bagi dosen Poltekkes Kemenkes Jakarta I di Jepang pada November 2024. Pelatihan tersebut akan berlangsung selama tiga tahun, dari 2025 hingga 2028, dan berfokus pada pengembangan kurikulum serta modul untuk kompetensi caregiver.

Selain itu, JICA juga mendukung penyelenggaraan kelas internasional di Poltekkes Kemenkes Jakarta I, yang akan menyiapkan lulusan untuk bekerja di Jepang atau Jerman melalui program pendidikan DIII dan unit pengembangan kompetensi. Para lulusan yang mengikuti program ini diharapkan dapat melanjutkan pelatihan selama enam bulan di Jepang dengan syarat lulus ujian bahasa Jepang N4.

Kunjungan ini menegaskan peran Poltekkes Kemenkes Jakarta I sebagai koordinator dari tiga Poltekkes yang terpilih dalam program JICA. Selain meningkatkan kompetensi lulusan di bidang caregiver, JICA juga berencana untuk menyediakan ekstrakurikuler Bahasa Jepang sebagai bagian dari persiapan mahasiswa yang tertarik bekerja di luar negeri.

Dengan kerjasama ini, Poltekkes Kemenkes Jakarta I diharapkan mampu melahirkan tenaga caregiver yang tidak hanya kompeten secara teknis, tetapi juga siap bersaing di pasar global. Poltekkes Kemenkes Jakarta I memang nomor satu.

 

-Humas-

Bagikan halaman ini: