Efektifitas Pendidikan Kesehatan Gigi Menggunakan Metode Ceramah
Efektifitas Pendidikan Kesehatan Gigi Menggunakan Metode Ceramah Disertai Latihan Menyikat Gigi dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, Perilaku dan Ststus Kebersihan Gigi Mulut Siswa usia 7-8 tahun
Abstrak
Latar Belakang : Pendapat para peneliti yang mengatakan bahwa pemberian pendidikan kesehatan gigi menggunakan metode ceramahdan metode ceramah disertai latihan menyikat gigi sama-sama efektif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku dan status kebersihan gigi mulut siswa. Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evektifitas pendidikan kesehatan gigi menggunakan metode ceramah dan disertai latihan menyikat gigi dalam meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan gigi serta pengaruh terhadap sikap dan perilaku siswa dalam menjaga kebersihan mulut. Metode : Metode penelitian adalah experimental semu dengan rancangan penelitian non equivalent pre dan post test control group design. Subjek penelitian adalah 75 orang siswa berusia 7-8 tahun SDN Buaran I (kelompok perlakuan I) menggunakan metode ceramah disertai latihan menyikat gigi dan 75 orang siswa berusia 7-8 tahun SDN Rawa Buntu I (kelompok perlakuan II) menggunakan metode ceramah. Jenis data kuantitatif dan analisis data Paired Samples Test berdasarkan taraf signifikansi 0,05. Hasil : Hasil analisis pra test tingkat pengetahuan, sikap, perilaku dan status kebersihan gigi dan mulut pada ketua kelompok perlakuan menunjukkan tidak berbeda yaitu sebanding (p > 0,05). Setelah diberi intervensi hasil pre test ke post test 1, pre test ke post test 2 menunjukkan adanya perbedaan peningkatan bermakna pada pengetahuan, sikap, perilaku, dan status kebersihan gigi mulut antara kedua kelompok perlakuan yaitu kelompok perlakuan 1 dan kelompok perlakuan 2 (p<0,05). Kesimpulan : Pendidikan kesehatan gigi menggunakan metode ceramah disertai latihan menyikat gigii lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku, dan status kebersihan gigi mulut siswa.
Kata kunci : Pendidikan kesehatan gigi, Pengatahuan, Sikap, Perilaku, dan Status kebersihan gigi mulut siswa.