Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Anak Usia Pra Sekolah

Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Anak Usia Pra Sekolah

Abstrak

Perkembangan motorik adalah berkembangnya unsur kematangan dan pengendalian gerakan tubuh pada anak balita (usia prasekolah usia 3-5 tahun) sehat,  yang mengalami perkembangan motorik, verbal, dan keterampilan sosial secara progresif. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan motorik anak usia prasekolah. Metoda yang digunakan adalah observasional analitik yang bersifat cross sectional. Sampel berjumlah 76 orang anak usia prasekolah dari 5 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data univariat menggunakan distribusi frekuensi, bivariat menggunakan kai-kuadrat, dan multivariat menggunakan uji regresi logistik.  Untuk mengetahui perkembangan motorik digunakan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) yang menilai perkembangan perilaku sosial, gerakan motorik halus, gerakan motorik kasar, dan bahasa. Untuk mendapatkan data status gizi dilakukan pengukuran tinggi badan (TB) dengan menggunakan meteran, dan berat badan (BB) dengan menggunakan timbangan, dan untuk mengukur umur, pola asuh, dan lama di PAUD digunakan kuesioner yang diisi oleh orang tua. Hasil penelitian Uji kai-kuadrat menghasilkan satu variabel independen (status gizi)  yang mempunyai hubungan bermakna dengan perkembangan motorik anak usia prasekolah  dengan  p = 0,01, Uji regresi logistik yang dilakukan menentukan  varibel yang paling berhubungan dengan perkembangan motorik anak usia prasekolah adalah variabel status gizi.

Kata kunci : anak usia prasekolah, perkembangan motorik anak

Klik untuk mengunduh

Bagikan halaman ini: