HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN DENGAN PERILAKU CARING PERAWAT YANG MENDAPAT & TIDAK MENDAPAT PAPARAN TENTANG CARING DI RSUP FATMAWATI JAKARTA TAHUN 2009
Penelitian ini adalah analisis korelasi, dan bertujuan mengidentifikasi hubungan kepuasan pasien dengan perilaku caring perawat yang mendapat dan tidak mendapat paparan tentang caring di RSUP Fatmawati Jakarta Tahun 2009. Populasi penelitian adalah semua pasien dewasa yang dirawat di kelas III RSUP Fatmwati Jakarta. Sampel diambil secara proporsional dari semua pasien kelas III yang dirawat pada tanggal 19 Oktober sampai dengan 2 Nopember 2009 di IRNA B (Teratai lantai IV, V, VI) dan IRNA C (Lantai I & IV GPS dan Gedung Melati), besar sampel adalah 96 subjek pada kelompok kontrol dan 48 subjek pada kelompok intervensi).
Hasil Analisis univariat menunjukkan perawat yang tidak mendapat paparan tengtang caring 47,7% perawat caring kepada pasien, dan perawat yang mendapatkan paparan tentang caring 58, 3% perawat mendapat paparan tentang caring, proporsi pasien yang merasa puas lebih banyak dibanding yang tidak puas, yaitu 89,6%.
Hasil analisis bivariat dengan uji Ka-Kuadrat, didapatkan tidak ada hubungan antara karakteristik individu pasien dengan kepuasan pasien terhadap perilaku caring perawat (p value >0,05). Namun ada hubungan yang signifikan antara kepuasan pasien dengan perilaku caring perawat, baik pada perilaku caring perawat yang tidak mendapat maupun yang mendapat paparan caring (p value 0,05 dan 0,009). Dari 6 (enam) sub variabel variabel caring yang dianalisis pada perawat yang tidak mendapat paparan caring yang mempunyai hubungan signifikan terhadap kepuasan pasien, meliputi; caring dalam kesiapan membantu (p value 0,05), memberi kenyamanan (p value 0,05), melakukan tindakan pencegahan (p value 0,012), dan dalam melakukan pemantauan/ pengawasan (p value 0,001). Hal yang sama terjadi pada perawat yang mendapat paparan tentang caring, dan secara statistik tidak ada perbedaan kepuasan pasien terhadap perilaku caring antara perawat yang mendapat dengan yang tidak mendapat paparan tentang caring (p value 1.000).
sumber gambar : http://ujiansma.com/wp-content/uploads/2015/09/AYN2012_4912_1334853172335_visuel_satisfaction-fidelisation.jpg