PENGARUH METODA PENGEMBANGAN KEPERCAYAAN DIRI REMAJA TERHADAP KEPERCAYA DIRI MAHASISWA
Abstrak
Masa remaja adalah suatu masa perubahan. Pada masa remaja terjadi perubahan yang cepat baik secara fisik, maupun psikologis. Perubahan ini dapat membuat remaja merasa tidak yakin akan diri dan kemampuan mereka sendiri. Kurang percaya diri merupakan masalah yang paling sering terjadi pada remaja.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metoda pengembangan kepercayaan diri remaja terhadap kepercayaan diri mahasiswa. Jenis penelitian menggunakan desain eksperimen non randomized pretest-posstest control group design. Subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa TK I Poltekkes Jakarta I yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah sebanyak 38 orang. Subyek penelitian pada kelompok kontrol dan eksperimen masing-masing sebanyak 18 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah metoda pengembangan diri remaja dan kepercayaan diri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi, yaitu skala kepercayaan diri sebanyak 50 item. Teknik uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas dilakukan dengan rumus alpha cronbach. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik non parametrik Wilcoxon-Mann Whitney. Hasil validitas instrumen skala kepercayaan diri diperoleh 45 item valid dengan rxy > 0,266 dan reliabilitasnya 0,850. Hasil analisis data menunjukkan ada pengaruh yang signifikan pada pretest dan posttest kelompok eksperimen dengan taraf signifikansi 0,004 dan tidak ada perbedaan yang signifikan pada pretest dan posttest kelompok kontrol dengan taraf signifikans 0,080. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa pelatihan pengembangan diri remaja memberikan efek positif pada kepercayaan diri mahasiswa di Poltekkes Kemenkes Jakarta I
Kata kunci : kepercayaan diri