PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THEMATIK MURID TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DI KELAS RENDAH (II) SEKOLAH DASAR NEGERI KELURAHAN PONDOK LABU
Murid kelas rendah adalah subjek yang perlu diperhatikan sejak usia dini dengan rentang usia mulai dari enam hingga sembilan tahun. Peneliti akan mencoba menerapkan pembelajaran tematik Pendidikan Kesehatan Gigi yang didiskusikan dari sudut mata pelajaran Bahasa Indonesia, seni, menggambar, matematika, lingkungan, dan ilmu alam dengan menerapkan pelajaran tematik pada mata pelajaran yang diharapkan peserta didik dapat memperoleh pengalaman. pengalaman langsung / belajar. Tujuan khusus dalam penelitian ini adalah membuat media pendukung pengaruh model pembelajaran kesehatan gigi bagi para murid kelas dua di Sekolah Dasar, mengetahui tingkat pengetahuannya, mengetahui perbedaan pengetahuan kesehatan gigi responden sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran tematik kesehatan gigi antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimental. Desain yang digunakan adalah pretest-postest dengan desain kelompok kontrol terhadap 126 murid dari Sekolah Dasar Negeri sampel yaitu 63 murid sebagai kelompok perlakuan dan 63 murid lainnya sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dua kelompok tersebut diberikan dalam bentuk kuesioner, setelah diperoleh hasil nilainya, responden diberikan intervensi berdasarkan buku panduan berikut buklet untuk setiap murid dan dilakukan post test dari kelompok perlakuan, sedangkan kelompok kontrol hanya diberi buklet tanpa arahan. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji beda dari dua mean dependen (sampel berpasangan).
Kata kunci: Pembelajaran tematik, pendidikan kesehatan gigi, anak, tingkat pengetahuan, kelas rendah